Kontak Kami

( pcs) Checkout

Mudguards are ready stock || Custom Fender Mudguard for Racing Team and Community || Resellers are Welcome || Bike Rental, Bike Organizer and Technician for Fun Bike || Please contact SMS / WhatsApp 085780907919 for Business cooperation||
Beranda » Hot Topic » Cara merawat disc brake MTB

Cara merawat disc brake MTB

Diposting pada 24 February 2017 oleh abetsbike

Dalam dunia sepeda khususnya sepeda MTB, begitu banyak aspek yang perlu diketahui dan diperhatikan. Mulai dari jenis sepeda, komponen, skill, hingga soal maintenance. Bagi para goweser, khususnya pengguna MTB kerap kali luput dari aspek terakhir yaitu mengenai pemeliharaan dan perawatan. Entah karna alasan kesibukan atau mungkin juga karena ketidak tahuan. Nah, kali ini Abet mau ngasih tau salah satu upaya yang bisa kita lakukan dalam hal maintenance komponen sepeda yaitu cara merawat rem sepeda MTB.

Merawat rem memang kadang menjadi hal yang sering di-nomersekian-kan alias tidak menjadi prioritas dalam perawatan karena memang jarang ditemui masalah atau bisa juga karena gak berasa meskipun terdapat masalah. Tapi, sebagai goweser yang bijak tentu kita gak mau dong nunggu ada masalah dulu baru bertikdak, ye gak :D? Mungkin ada yang bingung dan berkomentar, lah emang gak ada masalah kok masih enak, atau yang penting bisa dipake gowes gamau ribet-ribet ah.

Komentar tersebut memang tidak ada salahnya, tentu selama kita tahu resiko dan cara mengatasinya bila ada masalah yang muncul. Tapi kali ini kita tidak akan membahas cara menangani masalah teknis atau mensetting brake, namun lebih kepada cara merawat rem sepeda MTB. Khususnya cara merawat disk brake mekanik dan hidrolik MTB.

Masalah yang akrab ditemui pada disk brake adalah kotoran yang menumpuk pada kaliper dan bunyi berdecit ketika direm. Jika masalah tersebut muncul jangan panik atau langsung buru-buru ke bengkel, kita bisa ngelakuin perawatan sendiri kok dirumah. Caranya gampang banget! cukup 2 langkah mudah untuk menghilangkan masalah-masalah tersebut. Abet bakal jelasin nih.

Sesudah atau sehabis gowes, jangan langsung dicuci. Bersihkan dulu bagian komponen pengereman sepeda dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk rem (disc brake). Ini dimaksudkan agar semua kotoran yang tidak dapat larut dengan air bisa dibersihkan. Abet rekomendasiin nih salah satu Dick Brake Cleaner yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Cekidot!

B-Chain Disc Brake Cleaner REM

merawat disc brake mtb

               B-Chain Disc Brake Cleaner REM

Cara Pemakaian

Cara makenya gampang banget! Intinya pembersihan dilakukan sebelum dicuci. Oke langsung aja, cekidot!

  1. Semprotkan secara merata kesemua konponen pengereman (Rotor/ disc, Caliper, dan Piston). Dibersihkan hingga noda hitam menghilang. Kalau sudah rutin dibersihkan, semprotkan secukupnya aja ya (biar hemaat!)
  2. Diamkan beberapa menit hingga cairan mengering.

Jika kedua proses diatas sudah selesai, boleh deh dicuci :v. Simple kan? ya iyalah. Cara dapetin produk ini juga gampang banget karna tersedia di toko ABETs BIKE. Klik disini untuk Beli B-Chain Disc Cleaner

Gitu aja kali ya untuk tips dan review produk kali ini. Jangan lupa untuk terus memperkaya pengetahuan tentang sepeda khususnya tentang perawatan supaya sepeda kesayangan awet dan selalu bikin bahagia. hahaha!

Comments

comments

Bagikan informasi tentang Cara merawat disc brake MTB kepada teman atau kerabat Anda.

Cara merawat disc brake MTB | ABETs BIKE

Belum ada komentar untuk Cara merawat disc brake MTB

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 179.000
Ready Stock / Nord-Red
Popular!
Rp 45.000
Ready Stock / MGF-TA
Best Seller
Rp 179.000
Ready Stock / Nord-Black
SIDEBAR